Menjaga Kesehatan Tubuh Selalu Bugar dan Semangat

Menjaga Kesehatan Tubuh Selalu Bugar dan Semangat
Menjaga Kesehatan Tubuh Selalu Bugar dan Semangat. Bagi anda pernah atau sering melihat sebagian orang yang masih terlihat bugar dan tetap bersemangat setelah mereka melakukan aktivitas sehari-hari, dan sebagian orang lainnya yang terlihat letih, lelah dan tidak bersemangat. Bagi sebagian orang yang masih terlihat bugar dan bersemangat, mereka masih sanggup untuk melakukan aktivitas kembali dan sebaliknya, bagi orang-orangyang telah terlihat lemah akan merasa sangat kelelahan dan tidak sanggup untuk beraktivitas.
Dari hal tersebut, tentunya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kebugaran dan daya tahan tubuh seseorang baik ketika melakukan ativitas sehari-hari ataupun dalam menghadapi penyakit.

Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh agar selalu bugar dan semangat, berikut beberapa tips yang dapat anda coba lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh anda.

 

Cara Menjaga Tubuh selalu Bugar

Olahraga Pagi
Tubuh memerlukan olahraga agar tetap bugar dan sehat. Bagi anda yang ingin tetap bersemangat setiap hari, misalnya dengan senam pagi, lari pagi dan jalan kaki. Salah satu cara yang harus anda lakukan adalah jalan kaki. Apabila anda tidak mempunyai waktu luang, anda dapat melakukan hal ini ketika anda berangkat menuju kampus atau menuju tempat kerja anda apabila lokasi nya tidak terlalu jauh dari rumah. Perbanyak untuk melakukan jalan kaki setiap harinya, karena dengan berjalan kaki dapat membakar 174 kalori setiap menitnya.

Sarapan dengan Asupan Protein Lebih banyak
Salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah sarapan setiap pagi sebelum anda berangkat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika sarapan, sebaiknya anda mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein lebih banyak dari pada karbohidrat. Pada dasarnya, karbohidrat memang akan menghasilkan energi dalam tubuh, akan tetapi apabila kita terlalu banyak mengkonsumsinya justru akan membuat tubuh kita menjadi lebih cepat lelah.

Mengatur Porsi Makan
Bagi sebagian orang mungkin banyak yang kurang memperhatikan dalam mengatur porsi makan, jika anda yang mempunyai kebiasaan makan dalam porsi yang dapat terbilang banyak. Sebaiknya hindarilah kebiasaan anda yang satu ini, usahakan anda makan secara teratur pada saat waktu makan hingga 2 atau 3 kali dalam sehari dengan porsi yang secukupnya. Karena jika anda mempunyai kebiasaan makan yang berlebih dalam satu waktu akan dapat mengganggu sistem pencernaan anda.

Jangan Terburu-buru saat Makan
Hal penting yang harus anda ingat adalah proses pencernaan berawal dari mulut, jadi hindari makan secara terburu-buru dan dalam waktu yang singkat. Makan dengan cara perlahan akan menjauhkan kita dari masalah pencernaan. Apabila anda melakukan secara cepat, hal ini akan menimbulkan udara atau angin yang ikut masuk melalui mulut. Angin yang ikut tertelah ini merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Akan tetapi sebaliknya, apabila ketika anda mengunyah makanan secara perlahan maka angin yang tertelan lebih sedikit dan tentunya makanan yang telah terkunyah akan lebih mudah untuk dicerna.

Olahraga Ringan
Anda dapat melakukan olahraga ringan dengan melakukan beberapa kegiatan yang berada di sekitar rumah anda. Misalnya dengan menggunakan tangga dengan cara melakukan kegiatan naik turun tangga. Hal ini mempunyai manfaat untuk membakar kurang lebih 5 kalori dalam setiap menitnya.

Menjaga Asupan Air dan Kadar Gula
Penting untuk anda dalam menjaga asupan air dan kadar gula untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk menjaga pasokan air ke dalam tubuh, and harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar tubuh terasa segar minimal 8 liter air setiap harinya. Dan untuk menjaga kadar gula darah, anda harus mengkonsumsi makanan pokok 3 kali dan camilan 2 kali dalam setiap harinya. Saat anda sarapan pada pagi hari dengan porsi yang sedang. Khusus untuk makan siang, sebaiknya anda menghindari makanan yang mengandung karbohidrat karena akan membuat anda mudah lemas. Dan untuk makan malam, hindari juga makanan berat.

Perawatan Wajah
Bagi seseorang yang memiliki wajah yang terlihat segar maka akan memberikan kesan secara keseluruhan. Salah satu cara yang dapat anda coba dalam perawatan wajah agar terlihat segar adalah dengan mencampurkan baking soda dan air untuk digunakan sebagai facial scrub.

Istirahat yang Cukup  
Cara yang terakhir untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap selalu segar dan semangat yaitu dengan istirahat yang cukup. Pada umumnya, untuk orang dewasamembutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam setiap harinya. Dengan istirahat yang cukup, dapat membuat tubuh anda menjadi terlihat tetap bugar.

Demikian penjelasan mengenai beberapa hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh agar selalu bugar dan semangat. Jangan lupa untuk diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah dengan rambut baca juga artikel Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak.

Berlangganan untuk email update gratis: