Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Sakit Pinggang

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Sakit Pinggang
Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Sakit Pinggang. Sakit pinggang merupakan penyakit neurologis kedua yang paling sering dialami oleh seseorang setelah sakit kepala. Menurut lama masa sakitnya, sakit pinggang terdiri dari dua jenis yaitu skait pinggang jangka pendek dan sakit pinggang kronis. Sakit pinggang jangka pendek umumnya berlangsung hanya beberapa hari sampai minggu. Sedangkan, sakit pinggang kronis berlangsung lebih dari 3 bulan atau lebih. 

Bagi anda yang merasakan sakit pinggang, gejala awal yang anda rasakan dari sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang nyeri, merasa kaku atau keterbatasan saat bergerak, dan tidak dapat untuk berdiri tegak.

Penyebab Sakit Pinggang 

Penyebab timbulnya sakit pinggang antara lain : 
  • Posisi tidur atau duduk yang salah 
  • Gerak badan yang salah seperti pada saat anda membungkuk dan mengangkat barang berat. 
  • Kurang melakukan olahraga secara rutin setiap harinya yang menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan juga akan ikut menurun, sehingga otot mudah cedera walaupun hanya melakukan gerakan sederhana seperti membungkuk, mendorong dan mengangkat. 
  • Terlalu sering menggunakan sepatu dengan tumit yang terlalu tinggi (high heel)
  • Kelebihan berat badan 
  • Pada saat masa kehamilan 
  • Terlalu sering duduk dan berdiri, serta mengangkut beban yang berat. 

Selain beberapa penyebab dari sakit pinggang diatas, sakit pinggang dapat juga disebabkan oleh pengaruh suatu penyakit diantaranya seperti penyakit tulang, penyakit jantung, gangguan gagal ginjal, kanker, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Bagi anda yang sering mengalami sakit pinggang yang mungkin sangat mengganggu aktivitas anda sehari-hari, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi sakit yanganda alami. 
  • Perhatikan hal-hal kecil yang anda lakukan yang mungkin telah menjadi suatu kebiasaan anda, seperti jangan membungkuk ketika akan duduk atau akan berdiri. Ketika anda akan duduk, perhatikan bahwa kursi tersebut memiliki sandaran yang baik dan sesuai dengan badan kita dan dengan posisi serta ketinggian yang membuat anda nyaman. 
  • Lakukan pemanasan selama 5 menit sebelum anda melakuan olahraga, beraktivitas sehari-hari serta melakukan kegiatan fisik lainnya yang menurut anda termasuk pekerjaan yang berat. 
  • Lakukan posisi tidur yang miring, karena hal tersebut berguna untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada bagian tulang belakang anda.
  • Bagi anda yang termasuk sebagai perokok aktif, sebaiknya anda mengurangi atau berhenti merokok. Karena dengan merokok anda akan mengurangi aliran darah ke bagian tulang pinggang bawah. 
  • Jangan membungkuk ketika anda akan membawa benda berat. Salah satu cara untuk mencegah sakit pinggang yang dapat anda lakukan untuk memindahkan benda berat adalah lebih baik anda mendorong benda tersebut dari pada mengangkat atau menarik. 

Selain hal-hal diatas yang perlu anda perhatikan, berikut terdapat beberapa cara alami mengatasi sakit pingang yaitu: 

Menggunakan Jahe Merah 
Jahe merah selain berkhasiat untuk menghangatkan tubuh juga merupakan salah bahan alami yang bermanfaat sebagai obat sakit pinggang. Bahan-bahan tambahan yang anda butuhkan adalah temu hitam, akar sawi langit dan daun dewa. Caranya, rebuslah bahan-bahan tersebut dengan menggunakan air secukupnya, lalu saring air rebusan tersebut dan minumlah selagi masih terasa hangat. Lakukan secara teratur 2 sampai 3 kali setiap harinya hingga terasa manfaatnya.

Menggunakan Temu Lawak 
Khasiat temu lawak sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit memang sudah tidak diragukan lagi. Sediakan temulawak, daun dewa, dan daun hia atau baru china secukupnya yang telah dibersihkan, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu saring rebusan air tersebut dan minum hangat-hangat. 

Menggunakan Cabai Rawit 
Cara penggunaannya, ambilah cabai rawit yang telah dibuang tangkainya dan tambahkan jahe. Lalu rendamlah cabai rawit dan jahe tersebut dengan alkohol 75% selama 15 hari. Setelah itu, oleskan air rendaman tersebut pada bagian pinggang. Lakukan secara teratur setiap harinya, hingga rasa sakit pada pinggang terasa hilang secara perlahan. 

Menggunakan Bawang Putih  
Selain menggunakan bawang putih, bahan alami tambahan yang anda butuhkan adalah jahe merah dan bubuk cabai. Cara penggunaannya, rendamlah bawang putih, jahr merah dan bubuk cabai dengan menggunakan alkohol secukupnya, lalu diamkan hingga 15 hari. setelah itu oleskan rendaman tersebut pada bagian pinggang yang terasa sakit. Lakukan pengobatan tradisional ini secara teratur. 

Nah, demikian penjelasan mengenai penyebab, cara mudah mengatasi sakit pinggang dan beberapa tips cara alami mengobati sakit pinggang. Bagi anda yang sering mengalami sakit pinggang, anda dapat mencoba salah satu dari beberapa cara alami tersebut untuk mengatasinya.Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bagi anda yang mempunyai masalah kulit baca artikel Cara Mudah Menghilangkan Gatal pada Selangkangan.

Berlangganan untuk email update gratis: