Cara Mudah Mengatasi Lupa atau Pikun

Cara Mudah Mengatasi Lupa atau Pikun
Cara Mudah Mengatasi Lupa atau Pikun. Lupa adalah gangguan otak yang dapat dialami oleh sebagian orang. Dimana keluhannya seseorang tidak bisa mengingat suatu hal. Penyebabnya bisa karena pola hidup yang salah. Dimana ada gangguan stres yang muncul memicu kita untuk berpikir keras. Selain itu ada penyebab lain yang membuat anda mudah lupa yakni kurang tidur dan pengaruh usia. 

Memang semua orang akan mengalami lupa atau pikun saat anda sudah berusia tua, ini hal yang wajar. Tapi kewajaran itu akan berbalik harus diwaspadai mana kala pikun menyerang anda yang usianya masih muda. Harus ada identifikasi dini terhadap masalah tersebut. Atau bahkan diperlukan pencegahan untuk mengatasi lupa, yakni sebagai berikut.


Cara Mengatasi Lupa

Konsumsi Makanan yang Bernutrisi
Makanan yang bernutrisi adalah asupan makanan yang dibutuhkan oleh otak, seperti omega 3 dan protein. Jaya agar daya ingat anga meningkat dan mengatasi lupa atau pikun bisa konsumsi ikan salmon, buah berry, kacang-kacangan brokoli, dan lain-lain. Kalau perlu konsumsi tiap hari untuk pencegahan agar tidak mudah dan tidak sering lupa.

Istirahatkan Otak
Organ yang paling banyak kerjanya adalah otak, karena otak membuat kita terus berpikir. Jadi kalau anda mengalami lupa yang terlalu sering coba istirahatkan otak anda dengan tidur. Meski terkadang dalam tidur saja otak terus bekerja, tapi sedikitnya ada regenerasi otak agar tidak mudah lelah dan lupa. 

Relekskan Otak
Dalam beraktifitas kadang kita memerlukan dan mengharuskan untuk berpikir lebih keras dari biasanya, sehingga menyebabkan kita terlalu gampang lupa. Jadi untuk menghindari gangguan tersebut relakskan otak anda seperti membuat anda tidak lagi berpikir terlalu keras yakni dengan melakukan kegiatan yang disuka, yang akan menghilangkan stres. Terkadang stres juga menjadi pemicu otak kita berpikir keras. Dengan merelakskan otak juga mampu membatu meningkatkan daya ingat.

Senam Otak
Bisa dilakukan dengan latihan mengingat hal-hal yang membuatnya untuk berpikir. Seperti menyebutkan 10 anggota saudara keluarga besar dari keluarga ayah atau ibu. Atau menyebutkan 5 makanan favorit anda. Ini bisa dijadikan sebuah latihan dari senam otak, karena jika otak terus dilatih maka daya ingat pun akan meningkat. 

Asah Otak
Sama halnya dengan senam otak melakukan beragam permainan games membuat otak anda bekerja dengan maksimal. Dimana hal ini dimaksudkan agar otak terus diasah untuk melakukan penyelesaian dalam games. Karena ada yang mengatakan juga penyebab dari keluapan itu, karena kurang otak anda untuk diasah, seperti pisau saja kalau tidak diasah akan tumpul dan tidak bisa digunakan untuk pemotong, sama halnya dengan otak jika tidak terlatih untuk diasah maka akan mudah anda mengalami lupa atau pikun

Konsumsi Air Putih
Air putih adalah obat yang paling mujarab bagi beragam penyakit. Begitu pun dengan fungsi otak, jika kita meminum air putih sampai 6-8 gelas perhari ini bisa mengoptimalkan fungsi kerja otak dan membuat ingatan akan segala hal tidak mudah menghilang.

Konsumsi Kolin
Kolin adalah zat dimana bisa meningkatkan daya ingat, fungsinya sama dengan omega 3. Kandung zat kolin ini terdapat dari telur, hati ayam, dan kedelai. Jadi ketiga bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi anda yang menderita lupa atau pikun, karena kegita bahan ini adalah tempat yang kaya akan kolin.

Itulah tadi cara mudah mengatasi lupa atau pikun. Gangguan pikiran atau otak ini tidak bisa disepelekan harus ada penanganan yang dilakukan secara dini. Kalau perlu periksakan gangguan tersebut ke dokter spesialis jika kelupaan ini sudah sering terjadi dan berulang. Karena otak adalah organ penting di tubuh yang akan menggerakkan segala macam aktifitas. Jadi lupa ini terjadi akan sanggat mengganggu aktifitas jika dibiarkan terlalu lama. 

Berlangganan untuk email update gratis: