Cara Mengatasi Kantuk dengan Mudah

Cara Mengatasi Kantuk dengan Mudah
Cara Mengatasi Kantuk dengan Mudah. Kelelahan dalam bekerja atau pada saat belajar akan membat sebagian besar orang mengalami rasa kantuk. Bisa juga disebabkan anda kurang tidur di malam hari, sehigga pada siang hari mata anda bawaannya ingin memejamkan mata dan tidur. Rasa ngantuk ini biasanya dibarengi sambil membuka mulut atau yang bisa disebut menguap. Jika rasa kantuk ini tidak dicegah sedini mungkin maka membuat tugas dan pekerjaan tidak selesai tepat waktu. 

Ada yang mengatakan rasa ngantuk terjadi akibat oksigen di dalam tubuh kurang, sehingga cara kerja otak pun tidak maksimal. Sebenarnya ada banyak cara yang dianggap ampuh menghilangkan kantuk saat beraktifitas. Salah satunya pasti tidur, namun tidak mungkin bukan kita tidur disela-sela sedang bekerja. Maka yang harus dilakukan adalah atur waktu anda sebaik mungkin, dengan membuat waktu anda lebih penting. Dimana saatnya anda tidur di malam hari maka tidurlah, sehingga saat anda bangun anda siap melakukan pekerjaan. Hindari melakukan aktifitas yang tidak penting di waktu anda tidur. Selain itu, ada juga cara yang mudah ketika kantuk anda sudah terlanjur mendera di saat anda bekerja, yakni.    


Mengatasi Kantuk

Cuci Muka
Mencuci muka akan membuat anda segar kembali. Apalagi jika yang anda gunakan adalah air dingin akan menghilangkan rasa kantuk anda. Biasanya rasa dingin dari air akan membangunkan otot anda yang sudah mulai lelah. 

Minum Segelas Air
Ada yang mengatakan saat ngantuk bisa gunakan kopi atau teh yang mengandung kafein dalam menghilangan kantuk. Ini memang tidak selamanya salah, namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan memberikan efek samping yang negatif pula pada tubuh. Sehingga memang solusi terbaik adalah meminum air putih. Tidak hanya mampu menghindari dehidrasi, minum air putih juga bisa menghilangkan rasa kantuk. Dehidrasi dan kantuk adalah gangguan yang sama-sama penyebabnya karena kekurangan oksigen dan mineral dari tubuh. Maka dari itu, perbayaklah minum air minimal 8 gelas perhari untuk tubuh yang kembali bersemangat dan lebih berenergi dalam segala aktifitas.

Istirahatkan Tubuh
Jika dirasa kantuk anda sudah mulai parah, kenapa tidak mengistirahatkan 5 sampai 6 menit untuk tubuh beristirahat. Karena tubuh juga tidak bisa diforsir terus menerus bekerja jika nantinya anda juga tidak mau menimbulkan masalah penyakit bagi tubuh. Akan baik bukan jika setelah istirahat anda kembali berenergi dan bersemangat lagi melakukan aktifitas. Sayangi tubuh anda dengan istirahat tidur minimal 8 jam perhari.

Selang dengan Aktifitas Lain
Kejenuhan juga mampu membuat anda beresiko kantuk, maka dari itu dibutuhkan aktifitas lain yang di luar pekerjaan dan tugas anda. seperti mengobrol dengan teman lain, atau tertawa akan hal-hal yang dianggap lucu juga bisa menghilangkan kantuk untuk merefreshkan otak dari kejenuhan tugas anda.

Makan Makanan Ringan
Makan adalah aktifias yang mampu membuat kantuk anda hilang. Dengan makan juga memberikan olahraga ringan yang dilakukan wajah. Tapi tetap berikan makanan ringan ke dalam tubuh anda adalah makanan yang sehat dan tidak berlemak untuk menghasilkan tubuh yang juga tetap ideal, sehingga penampilan pun tetap prima. 

Demikian cara mengatasi kantuk dengan mudah. Sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah yang membuat rasa kantuk anda menjauh. Yakni dengan melakukan cara seperti bergerak dengan mengganti posisi duduk anda, karena dengan bergerak tubuh dan mata anda yang kaku dan monoton bisa melakukan sedikit peregangan, sehingga kantuk yang dirasa sedikitnya menghilang. Kemudian cara yang lebih mudah adalah tarik nafas dalam-dalam secara perlahan, ini disinyalir dapat membantu meningkatkan sirkulasi oksigen ke otak sehingga kinerjanya akan bertambah dan memberikan energi pada tubuh.  Baca juga Cara mengatasi lupa atau pikun.

Berlangganan untuk email update gratis: