Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh. Olahraga ringan yang satu ini tidaknya menjadi olaharaga yang mudah tapi juga murah jika dilakukan. Ya, berjalan kaki, karena tergolong pada kegiatan olahraga ringan, maka sudah pati memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Apalagi jika dilakukan setiap hari secara rutin.

Namun kendalanya saat ini jika anda berjalan kaki udara yang anda hirup sudah tidak sehat lagi. Kebanyak zat asap kendaraan yang menyelimuti ozon, jadi tidak ada ruang berjalan kaki yang sehat sambil menghirup udara segar. Maka dari itu mari kita simak manfaat dari berjalan kaki bagi kesehatan.


Manfaat Jalan Kaki

Meningkatkan Sistem Imun
Jika anda berjalan kaki setiap hari, tubuh anda dengan otomatis menjadi pelindung dari penyakit yang disebabkan udara yang tidak sehat, cuca yang berubah-ubah, dan pikiran stres yang melanda. Belum lagi adanya proses metabolisme dari tubuh yang berjalan lancar, membuat sistem imun lebih kuat.

Terhindar dari Insomnia
Biasanya jika anda telah melakukan olahraga pastilah tubuh anda mengalami kelelahan. Disaat lelah itulah yang membuat tubuh anda akan cepat tidur dan cocok bagi anda penderita insomnia. Bergitu pun dengan kualitas tidur, karena lelah juga bisa menghasilkan kulitas tidur yang lebih baik. Nyaman dan tenang dalam tidur akan memberikan efek positif saat anda bangun di pagi hari. Anda akan kembali pada kesegaran dan semangat yang baru untuk memulai aktifitas.

Mencegah Osteoporosis
Berjalan kaki menuntut kai untuk terus bergerak. Karena terus bergerak inilah memberikan kekuatan pada kaki dan tulang agar tidak mudah mengalami patah tulang dan keropos atau bisa juga osteoporosis. Kalau sudah terjadi pengeroposan anda harus imbangi aktifitas jalan kaki dengan mengonsumsi minuman susu yang tinggi kalsium. 

Vitamin D Tercukupi
Dari sinar matahari di pagi hari akan memberikan anda asupan vitamin D yang alami. Sehingga jika nada berjalan kaki di pagi hari dengan terik matahari yang masih menyehatkan maka tulang anda pun akan sehat.

Menyehatkan Jantung
Jantung diakibatkan adanya perdaran yang tidak lancar yang mengakibatkan penggumpalan darah dan menyumbatan pembuluh darah. Sehingga jantung tidak bekerja optimal, tapi dengan berjalan kaki fungsi jantung akan kembali normal tidak ada lagi penyumbatan darah.

Menjaga Kebugaran
Karena tubuh bergerak secara rutin maka kebugaran dalam tubuh akan kita dapatkan. Tubuh yang bugar adalah tubuh yang sehat yang sitem organ pentingnya berjalan dengan baik, tidak ada penyakit yang hinggap di badan dan bisa memberikan energi yang lebih untuk setiap aktifitas anda.

Meningkatkan Sistem Pernafasan
Dengan berjalan kaki otomatis kita juga mengatur nafas untuk memberikan kestabilan sistem pernafasan. Sistem pernafasan ini merujuk pada nafas yang anda hasilkan bisa lebih panjang. Namun sebaiknya lakukan olahraga ringan berjalan kaki ini, di jam yang belum ada kendaraan berlalu lalang di jalan. Seperti pada pagi hari sebelum jam 6 pagi, karena udara yang dihasilkan masih bagus dan baik jika masuk ke dalam tubuh. Tapi jika berjalan kaki seseduah jam 6 pagi usahakan gunakan masker, atau penutup hidung dan mulut agar asap dari kendaraan tidak langsung masuk ke organ tubuh yang akan mengakibatkan penyakit, karena racun yang masuk ke dalam tubuh. 

Tekanan Darah Stabil
Jika anda penderita tekanan darah tinggi, maka berjalan kali menjadi alternatif pengobatan yang alami. Karena dengan jalan kaki ada proses metabolisme tubuh yang dapat memperlancar peredaran darah dan mengontrol tekanan darah pada batas normal, sehingga tekanan darah pun menjadi stabil.

Bagi umat muslim berjalan kaki juga memiliki manfaat seperti yang sudah disebutkan diatas. Sedikitnya mampu menghindarkan tubuh dari beragam penyakit. Lebih baik jalan kaki dari pada mengendarai kendaraan. Karena ada proses detoksifikasi alami yang dikeluarkan tubuh melalui keringat. Detoksifikasi alami ini prosesnya mampu membuang racun dan bakteri penyebab penyakit dalam tubuh. Kini anda menjadi tahu manfaat jalan kaki untuk kesehatan. Sebagai perubahan lakukan olahraga ringan ini minimal 1 KM anda berjalan.  Baca juga Tips meningkatkan energi dan stamina tubuh.

Berlangganan untuk email update gratis: