Tips Mencegah Diabetes dengan Mudah

Tips Mencegah Diabetes dengan Mudah
Tips Mencegah Diabetes dengan Mudah. Diabetes adalah salah satu penyakit yang mmebuat hidup anda seakan dihantui oleh kematian. Jenis diabetes pun ada dua macam. Masyarakat mengenalnya dengan diabetes kering dan diabetes basah. Diabetes kedua macam jenis diabetes ini semua penyerang sistem imun tubuh kita. Yang membedakan hanya pada gejalanya. Jika diabetes basah gejala yang ditimbulkan adalah pembengkakan pada kaki atau tangan yang kemudian bernanah dan sulit diobati jika penyakit ini sudah kambuh. Kalau untuk diabetes kering memang jika timbul luka akan cepat mengering tapi menyerang bagian lain yakni tulang, yang akibatnya tulang akan terasa nyeri dan linu. 

Banyak yang mengatakan faktor penyebab diabetes adalah keturunan, ini memantapkan seseorang untuk takut jika sudah terjangkit penyakit diabetes. Padahal ada faktor-faktor lain yang menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, seperti kandugan gula yang berlebih pada tubuh disebabkan pola hidup yang kurang baik, tubuh kurang bergerak dan kemudian gula yang menghasilkan insulin dan energi tidak bisa bekerja secara normal, sehingga membuat timbunan penyakit dalam tubuh. Meski begitu kini dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana mencegah agar tidak terkena diabetes di usia dini.


Tips Mencegah Diabetes

Pola Makan yang Baik
Makanan yang harus dikontrol dalam pola makan yang baik adalah kandungan karbohidrat yang terlalu banyak. Karena dalam karbohidrat juga ada kandungan gula dan lemak yang berlebih. Jadi cara mensiasati untuk makanan karbohidrat yang tidak tinggi kadar gula dan lemaknya adalah nasi merah. Kalau nasi putih itu kenapa tidak dianjurkan karena nasi putih banyak sekali kadar karbo dan gula yang tidak baik dikonsumsi dalam ukuran yang besar. Selain itu ada kentang pengganti nasi yang juga baik untuk program diet. 

Rutin Olahraga
Karena tubuh idealnya harus melakukan gerakan, maka yang paling efektif adalah melakukan olahraga minimal 1 kali dalam seminggu. Lakukan saja olahraga ringan seperti lari dan bersepeda. 

Menjaga Berat Badan
Makan adalah aktifitas yang dapat mengenyangkan perut. Tapi tidak juga semua makan bisa masuk ke dalam tubuh kita, maka harus ada pengaturan pola makan agar tubuh tetap terjaga dan berada pada berat badan yang ideal. Karena terlalu gemuk juga akan menghambat aktifitas kita sehingga tubuh menjadi malas untuk bergerak. Timbunan lemak juga lambat laun akan menjadi timbunan penyakit dalam tubuh.

Hindari Merokok
Selain dapat menimbulkan hipertensi dan gangguan jantung, merokok juga menyebabkan penyakit diabetes. Nikotin yang ada dalam rokok tidak bisa keluar dalam tubuh, sehingga akan menjadi tumpukan dari berbagai penyakit. Jika sudah terjadi komplikasi akan sangat sulit untuk penanganannya. 

Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur
Karena terdapat banyak manfaat yang dihasilkan saat kita mengonsumsi buah dan sayur, maka tubuh akan sehat dan terhindar dari penyakit. Dengan memakan banyak buah dan sayur akan terjadi detoksifikasi alami dalam tubuh yang akan mendorong racun keluar dari tubuh anda.  

Itu tadi tips mencegah diabetes dengan mudah. Meski riawayat keluarga anda ada yang terjangkit penyakit ini, tapi jika pola hidup yang anda terapkan baik, dimana asupan dan olahraga anda baik dan rutin maka anda akan terhindar dari diabetes. 

Intinya adalah pola hidup, jika pola hidup kita sehat maka penyakit pun tidak akan betah berlama-lama dan bersarang dalam tubuh, tapi juga pola hidup anda tidak sehat makan segala macam penyakit pun akan betah di tubuh anda. Tidak hanya penyakit dengan skala ringan tapi juga penyakit berskala berat yang mengancam nyawa anda pun bisa menghantui anda. Baca juga Tips cantik dan awet muda.

Berlangganan untuk email update gratis: