Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Tips Menjaga Kesehatan Tulang
Tips Menjaga Kesehatan Tulang. Karena fungsi tulang sebagai penopang dari daging yang ada di tubuh yang menyebabkan tubuh bisa bergerak dan berdiri, maka kesehatan tulang juga perlu untuk disejajarkan dengan perawatan tubuh lainnya. Bayangkan saja jika tulang luput dari perawatan, akan berakibat tubuh tidak bisa lagi berdiri bahkan berjalan. Jika sudah begitu aktifitas yang menjadi rutinitas juga akan terhambat.

Ada yang mengatakan jika usia kita sudah tua maka akan rentan terkena penyakit tulang. Mulai dari rapuhnya tulang sampai pada penyakit patah tulang juga bisa dirasakan. Apalagi jika masih muda tapi sudah terkena penyakit tulang seperti itu. Jika demikian, maka ada pola kebiasaan yang buruk dari perawatan anda terhadap tulang. Jangan hanya perawatan wajah saja yang diutamakan, tulang juga perlu adanya perhatian yang khusus. Untuk menjaga, merawat dan mencegah akan pengerposan tulang tidak mudah dialami generasi muda maka lakukan beberapa tips berikut ini.


Menjaga Kesehatan Tulang

Rutin Berolahraga
Olahraga ringan seperti berlari atau sekedar berjalan santai bisa anda lakukan. Karena dengan olahraga otomatis tulang anda mengalami penguatan yang membuatnya tidak mudah keropos dan rapuh. Selain tulang yang menjadi kuat dengan olahraga juga bisa menguatkan otot persendian yang mampu membantu pergerakan tulang menjadi lebih aktif lagi. Lakukan olahraga rutin setiap pagi dan sore hari.  

Hindari Minuman Bersoda
Dalam soda ada kandungan gelembung yang mampu membuat tulang kehilangan kekuatannya. Gelembung soda menyerap menggantikan kalsium yang dibutuhkan tulang. Karena menyerap pada kapiler-kapiler tulang ini gelembung soda kemudian mengikis permukaan tulang yang akhirnya membuat tulang mudah rapuh.

Perbanyak Minum Susu
Ada kandungan vitamin D, fosfor, kalsium, dan kalium dalam susu yang menjadikan tulang anda sehat. Apalagi dalam susu terdapat banyak sekali kalsium yang berguna bagi penguatan tulang. Rutin meminum susu akan menjauhkan anda dari penyakit tulang, lakukan meminum susu saat pagi dan malam hari. Karena di malam hari adalah waktu yang tepat bagi tulang untuk tumbuh dan berkembang.

Berjemur di Pagi Hari
Matahari menjadi sumber alami yang menghasilkan vitamin D. Dan vitamin D ini sangat berguna bagi pembentukan tulang. Makanya banyak ibu yang menjemur bayinya di pagi hari agar tulang yang lunak pada bayi bisa cepat mengalami penguatan dan pertumbuhan tulang. Jadi biasakan hidup dengan kebiasaan yang positif, yakni berjemur kira-kira 10 sampai 20 menit pada jam 7 sampai jam 9 pagi. Jika aktifitas berjemur ini dilakukan setiap hari maka hasilnya anda akan mengurangi resiko terkena pengeroposan tulang dan persendian. 

Konsumsi Buah-Buahan
Segala macam buah memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, begitu juga bagi tulang. Ada sebagian buah yang baik jika dikonsumsi setiap hari untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Buah yang baik untuk tulang adalah buah nangka, karena kandungan magnesiumnya mampu menjadi pelindung tulang agar tetap sehat. Kemudian juga ada buah pisang dengan kandungan yang lengkap, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi dan kalium yang semua kandungan ini berfungsi untuk merawat dan menjaga kesehatan tulang

Cukupi Vitamin D
Karena tulang butuh kalsium dan vitamin D, maka cukupi juga nutrisi makanan anda dengan kedua kandungan tersebut, agar sistem kerja pembentukkan tulangnya pun bisa lebih optimal. Asupan makanan itu berasal dari sayuran dengan kadar klorofilnya tinggi, alias sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli, dan lain-lain.

Nah itu tadi informasi terkait tips menjaga kesehatan tulang. Lakukan perawatan tulang juga penting agar di hari tua tulang kita masih prima dan tidak mengalami pembengkokan atau pengeroposan. Hindari kebiasaan yang sifatnya negatif, seperti minum soft drink terlalu sering, minum alkohol dan merokok. Tiga jenis makanan ini tidak hanya bisa merusak tulang tapi juga merusak organ penting di dalam tubuh.  Baca juga Posisi tidur yang benar.

Berlangganan untuk email update gratis: