Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah dengan Mudah

Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah dengan Mudah
Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah dengan Mudah. Selain masalah kulit pada wajah mempunyai masalah pada mata merupakan salah satu hal yang dapat menggangu penampilan seperti mata gatal, matal merah dan iritasi tentu saja sangat mempengaruhi penampilan dan penglihatan. 

Mata gatal dan menjadi merah disebabkan oleh banyak hal seperti masuknya debu, angin, dan bakteri pada mata. Bagi anda sering mengalami masalah tersebut pada mata anda, berikut cara mengatasi mata gatal dan merah dengan mudah secara alami.


Mengatasi Mata Gatal dan Merah

Cuci Mata Menggunakan Air Mawar 
Air mawar bermanfaat untuk memberikan rasa dingin, segar dan menenangkan pada mata. Cara penggunaannya cuci muka anda dengan menggunakan air mawar atau cukup dengan mencuci area pada mata saja. Lakukan secara ruitn 2 sampai 3 dalam setiap harinya hingga rasa gatal dan merah pada mata hilang secara perlahan. 

Menggunakan Mentimun 
Selain memiliki banyak khasiat bagi kulit, mentimun juga berkhasiat untuk mengobati mata gatal dan merah secara alami. Cara penggunaannya, iris mentimun menjadi beberapa bagian. Lalu letakkan irisan mentimun tersebut pada area mata anda. Diamkan selama 5 menit lalu lepaskan irisan mentimu, maka irisan mentimun tersebut memberikan rasa dingin, segar dan membuat mata anda lebih rileks dari sebelumnya. Lakukan cara alami ini secara rutin setiap harinya. 

Menggunakan Kentang 
Penggunaan kentang untuk mengatasi mata gatal dan merah hamper sama dengan menggunakan mentimun. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal gunakan irisan kentang yang dingin. Setelah anda mengiris beberapa potongan kentang anda dapat meletakkan irisan kentang tersebut pada rendaman es batu selama 5 menit. Setelah itu, tempelkan irisan kentang yang dingin tersebut pada area mata anda dan diamkan selama 5 menit. Selain dapat menghilangkan rasa gatal dan merah pada mata anda, efek dingin yang ditimbulkan dari rendaman kentang yang menggunakan es tersebut juga dapat menghilangkan bayangan hitam pada bawah mata anda sehingga membuat mata anda lebih terlihat segar.

Menggunakan Daun Sirih 
Daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang sangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Cara penggunaannya, siapakan 5 lembar daun sirih yang telah di cuci bersih. Lalu rebuslah daun sirih tersebut, setelah itu gunakan air rebusan dari air sirih tersebut untuk mencuci area mata anda. Lakukan secara rutin dalam setiap harinya. 

Menggunakan Obat Mata 
Selain menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi mata gatal dan merah, cara instan yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan obat mata steril. Anda dapat menggunakan salah satu dari sekian banyak merk obat mata yang telah ada. Akan tetapi jangan gunakan obat mata tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Apabila mata anda tidak lagi mengalami gatal dan terlihat merah dari sebelumnya maka hentikan pemakian obat mata tersebut. 

Demikian beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengatasi mata gatal dan merah. Akan tetapi ada baiknya anda mengetahui hel penting yang berkaitan dengan kesehatan mata anda. 
  • Pencahayaan. Bagi anda yang memiliki kebiasaan bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan sangat menyilaukan mata, ada baiknya anda perlu mempertimbangkan ruangan kerja tersebut. Karena, mata akan akan cepat terlihat lelah karena menerima dua sumber cahaya, yaitu dari cahay lampu dan cahay monitor.
  • Hindari menggosok mata. Apabila anda memiliki kebiasaan menggosok mata sebaiknya anda berhenti untuk melakukan hal tersebut. Karena dengan menggosok mata, anda dapat mendorong allergen, bakteri atau kuman akan masuk lebih dalam sehingga akan menambah rasa gatal dan merah pada mata anda.
  • Kurangi penglihatan mata pada layar monitor. Penggunaan benda elektronik seperti komputer, laptop, gadget dan televise merupakan kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan pada sekarang ini. Akan tetapi, bagi anda yang memiliki kebiasaan tersebut dalam sehari-hari sebaiknya anda kurangi penggunaan benda-benda tersebut. Karena, ketika mata anda selalu melihat layar monitor dalam jangka waktu yang panjang, maka mata anda akan menjadi lebih sensitif.
  • Melihat pemandangan alam dan bagian hijau. Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk kesehatan mata anda yaitu, keluar rumah lah untuk melihat pemandangan yang hijau, seperti melihat pemandangan sawah yang hijau, pohon, dan lain-lain. Dengan hal tersebut maka akan mengurangi rasa perih pada mata anda.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A. Selain beberapa hal tersebut, yang paling penting untuk menjaga mata dari dalam yaitu konsumsi buah-buahan yang sayuran hijau yang mengandung vitamin A.
Itulah beberapa hal penting yang harus anda ketahui agar kesehatan mata anda tetap terjaga. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel BAHAYA! Penyakit Akibat Begadang.

Berlangganan untuk email update gratis: