Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah

Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah
Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah. Selain jerawat, bekas jerawat dan flek hitam pada wajah salah satu jenis masalah lain adalah memiliki minyak yang berlebih pada wajah. Dengan masalah tersebut pasti akan sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri anda bukan? Karena aktivitas sehari-hari anda akan merasa terganggu dengan adanya minyak yang berlebih pada wajah anda. 

Salah satu penyebab kulit berminyak adalah Kelenjar Sebaceous yang bekerja secara berlebihan sehingga menyebabkan minyak yang berlebih pada wajah anda. Efek lain yang ditimbulkan yaitu akan menyebabkan timbulnya bintik hitam pada wajah. Akan tetapi anda jangan merasa cemas dan khawatir terlebih dahulu, bagi anda yang mengalami masalah kulit tersebut berikut cara mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Berikut Ciri-ciri Jenis Kulit Berminyak bagi anda yang belum mengetahuinya : 
  • Memiliki elastisitas atau kelenturan kulit yang tinggi 
  • Lapisan kulit mudah mengalami pengelupasan kulit
  • Pada bagian dagu, dahi dan hidung memiliki tingkat minyak yang berlebih
  • Permukaan kulit tampak kasar
  • Terlihat komedo dan pori-pori yang besar pada permukaan kulit 
  • Kulit tampak mengkilap setelah dibersihkan. 


Mengatasi Minyak Berlebih

Menggunakan Jeruk Nipis 
Jeruk nipis sangat kaya akan kandungan Vitamin C dan sangat berkhasiat untuk membantu mengurangi dan menghilangkan minyak yang berlebih pada kulit wajah anda. Cara penggunaannya adalah potonglah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskan atau gosokkan daging jeruk nipis tersebut pada permukaan kulit wajah anda secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara hati-hati karena khawatir terkena area pada mata. Gunakan jeruk nipis ini secara rutin dalam setiap harinya agar minyak pada kulit wajah anda menjadi berkurang. 

Menggunakan Mentimun 
Selain berkhasiat untuk membantu menghilangkan jerawat dan menyamarkan lingkar hitam pada mata. Mentimun mengandung Astrigent selain berguna untuk menghilangkan minyak yang berlebih juga dapat menyegarkan kulit wajah anda. Cara penggunaannya, parutlah mentimun secukupnya hingga halus untuk dijadikan sebagai masker wajah alami. Setelah itu oleskan parutan mentimun tersebut secara merata pada wajah anda dan diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin, selain dapat membantu mengurangi minyak berlebih, kulit wajah anda juga akan terlihat lebih segar dan kencang.

Menggunakan Daun Seledri 
Daun seledri terkenal akan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu agar rambut terlihat lebih indah dan berkilau. Disamping manfaat tersebut, seledri juga dapat menghilangkan minyak yang berlebih pada kulit wajah anda. Cara penggunaannya, potong seledri hingga menjadi beberapa potongan kecil-kecil, lalu rebuslah potongan seledri tersebut dengan air bersih hingga mendidih. Setelah itu diamkan beberapa menit agar air rebusan menjadi hangat kemudian cuci seluruh wajah anda dengan menggunakan air rebusan seledri tersebut dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu secara rutin.

Menggunakan Pisang, Susu dan Madu 
Selain bermanfaat untuk membantu beberapa masalah kulit wajah seperti menghilangkan jerawat, bekas jerawat, flek hitam dan pori-pori pada kulit wajah. Manfaat lain dari pisang yaitu dapat menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah anda. Cara penggunaannya adalah sediakan pisang secukupnya yang telah dihaluskan lalu campurkan dengan susu dan madu kemudian aduk hingga merata untuk dijadikan sebagai masker wajah alami. Setelah itu oleskan masker wajah alami tersebut pada permukaan kulit wajah secara merata dan menyeluruh lalu diamkan 10 sampai 15 menit dan cuci hingga bersih. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu maka kulit wajah anda akan terbebas dari kulit yang berminyak selain itu juga kulit wajah anda akan tampak lebih cerah, halus dan segar.

Itulah beberapa cara alami mengatasi minyak berlebih pada wajah. Untuk mengindari kulit wajah yang berminyak tentunya hindari makanan yang berlemak dan mengandung minyak. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel kecantikan lain mengenai 10 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah.

Berlangganan untuk email update gratis: