Menjaga Kesehatan Ibu yang Sedang Hamil

Menjaga Kesehatan Ibu yang Sedang Hamil
Menjaga Kesehatan Ibu yang Sedang Hamil. Menjaga kesehatan ibu hamil tidak harus selalu memperhatikan segala kegiatan secara detail mengenai hal atau pekerjaan yang boleh dilakukan atau tidak dan membutuhkan waktu yang ekstra. Akan tetapi, hal-hal kecil yang terkadang dilupakan oleh seorang ibu hamil justru dapat menjadi masalah untuk kesehatan ibu dan janinnya.


Biasanya ibu hamil banyak memiliki beberapa pekerjaan pantangan yang tidak boleh dilakukan serta dilarang untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Bagi ibu-ibu yang sedang hamil, berikut penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang dapat dan tidak dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan anda. 


Menjaga Kesehatan Ibu Hamil 

Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan
Mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan dalam setiap harinya bagi ibu hamil merupakan hal yang harus dilakukan dari dalam tubuh untuk menjaga kesehatan ibu serta bayi yang sedang dikandungannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sayuran dan buah-buahan mengandung beraneka macam vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Akan tetapi, ada beberapa dari ibu-ibu hamil yang terkadang memiliki faktor bawaan pada saat kehamilan yaitu susah atau malas untuk makan. Bagi ibu-ibu yang mengalami hal tersebut anda dapat melakukan berbagai cara untuk tetap mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan cara membuat jus dari salah satu jenis sayur dan buah-buahan yang anda sukai. Jadi dengan cara tersebut anda tetap dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan setiap harinya. Serta jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna untuk memnuhi asupan nutrisi bagi kehamilan anda.

Menjaga Kesehatan Wajah dan Kepala
Bagi ibu-ibu yang sedang hamil, biasanya mereka memiliki beberapa keluhan yang dialami dalam hal fisik seperti wajah menjadi kusam, berminyak dan berjerawat serta rambut yang sering rontok. Bagi anda yang mengalami keluhan tersebut sebaiknya anda jangan langsung melakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan kosmetik untuk menghilangkan jerawat anda secara cepat. Anda tak perlu cemas, karena biasanya masalah tersebut hanya bersifat sementara yang disebabkan karena perubahan hormon pada masa kehamilan anda. Jadi ada baiknya anda melakukan beberapa cara alami untuk mengatasi masalah tersebut untuk perawatan wajah dengan cara seperti memakai masker alami dari alpukat, pisang, tomat dan facial massage serta untuk rambut lakukan keramas secara rutin. Hal ini akan lebih baik dibandingkan apabila anda menggunakan kosmetik yang terdapat bahan-bahan kimia yang tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan janin anda.

Menjaga Kesehatan Mulut
Perubahan hormon pada masa kehamilan seringkali menimbulkan beberapa gangguan pada gusi dan mulut. Pada umumnya beberapa gangguan kesehatan tersebut yang pertama yaitu gusi menjadi lebih lunak dan mudah berdarah dan biasanya terjadi pada saat menggosok gigi, untuk mengantisipasi hal tersebut maka pada saat anda menggosok gigi lakukan secara lembut dan benar dan gosok gigi secara teratur 25 menit setelah makan. Yang kedua, pada usia kehamilan trisemester pertama biasanya ibu hamil sering merasakan keluhan mual-mual, muntah dan meludah sehingga menimbulkan bau mulut, minum teh hangat merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari bau mulut tersebut. Dengan demikian, menjaga kesehatan mulut pada saat hamil sangatlah diperhatikan.

Menjaga Kebersihan Tangan
Selain menjaga ksesehatan mulut, kesehatan tangan dan kuku pun harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan selama masa kehamilan anda, karena tangan merupakan bagian terpenting yang harus selalu dijaga kebersihannya setelah mulut pada saat kita akan mengkonsumsi makanan. Salah satu penyakit yang berbahaya bagi ibu hamil apabila anda menyepelekan kebersihan tangan yaitu diare, apabila anda terkena diare maka badan akan menjadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna. Sehingga hal kecil yang harus anda perhatikan pada saat hamil yaitu harus menjaga kebersihan tangan dengan cara selalu mencuci tangan dengan hand wash setiap kali anda sebelum makan dan selesai melakukan pekerjaan.

Lakukan Latihan Fisik dan Olahraga Ringan
Selama masa kehamilan anda, penting bagi anda untuk melakukan gerakan tubuh seperti senam hamil. Tujuannya dari aktivitas tersebut adalah untuk memperkuat otot dasar panggul, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih pernafasan dan melancarkan peredaran darah anda. Selain itu hal kecil yang dapat anda lakukan adalah melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki pada pagi hari secara rutin dalam setiap harinya.

Menghirup Udara Bersih
Menghirup udara bersih juga salah satu hal yang harus anda lakukan pada saat hamil. Lakukan menghirup udara segar pada pagi hari sebelum udara tercemar polusi, lakukan secara rutin setiap harinya. Dan hindari penggunaan bahan-bahan yang mengandung zat aerosol cat, kamfer, racun serangga, obat nyamuk bakar dan lain-lain didalam rumah.

Istirahat yang Cukup
Yang terakhir adalah istirahat yang cukup. Karena ibu hamil mengeluarkan energi ekstra dalam proses metabolisme tubuh dan pergantian sel-sel rusak yang berlangsung pada saat anda tidur. Oleh karena itu, ada baiknya beristirahatlah 1 sampai 2 jam pada siang hari dan 8 jam pada malam harinya.


Demikian beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam menjaga kesehatan ibu pada saat hamil. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel Cara Mudah Menghilangkan Panu.

Berlangganan untuk email update gratis: