Cara Mudah Menghilangkan Panu

Cara Mudah Menghilangkan Panu
Cara Mudah Menghilangkan Panu. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Pityrosporum Ovale. Penyakit kulit ini dapat menyerang anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. Penyakit ini tergolong penyakit yang tidak berbahaya tetapi apabila tidak diobati dan dibiarkan begitu saja akan sangat mengganggu, terutama bagi anda yang sangat memperhatikan penampilan karena bercak-bercak berwarna putih yang timbul pada kulit. Penyakit ini merupakan termasuk penyakit menular dari satu orang ke orang yang lainnya melalui keringat. 

Bagian-bagian kulit yang sering terkena panu yaitu : 
  • Punggung 
  • Tangan 
  • Leher 
  • Kulit kepala 
  • Wajah 
  • Lipatan lengan 

Bagi anda yang memiliki penyakit kulit ini, berikut penjelasan mengenai cara mudah menghilangkan panu secara alami dan cepat apabila dilakukan secara rutin.

Cara Menghilangkan Panu

Menggunakan Bawang Putih 
Bawang putih mengandung senyawa yang bernama Allicin, yang merupakan zat pembunuh bakteri dalam tubuh. Salah satu penyebab timbulnya panu adalah karena jamur atau bakteri pada kulit, sehingga bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu menghilangkan panu. Cara penggunaannya, siapkan bawang putih secukupnya lalu iris menjadi 2 potongan. Setelah itu gosokkan irisan bawang putih yang bergetah pada kulit yang terdapat panu. Lakukan cara ini setelah mandi pagi dan sore hari secara rutin setiap harinya hingga panu menghilang secara perlahan. 

Menggunakan Lengkuas 
Bahan untuk menghilangkan panu selanjutnya yaitu lengkuas. Bahan alami ini termasuk bahan ampuh yang dapat menghilangkan panu secara cepat apabila dilakukan secara teratur. Cara penggunaannya, parut lengkus secukupnya hingga halus. Setelah itu peraslah parutan lengkuas tersebut lalu oleskan secara meratapada bagian kulit yang terdapat panu. Lakukan cara ini setelah mandi secara teratur 3 kali dalam sehari agar panu hilang sedikit demi sedikit. 

Menggunakan Belimbing Wuluh 
Selain bermanfaat untuk mengobati sakit gigi, belimbing wuluh juga berkhasiat untuk menghilangkan panu secara alami. Cara penggunaannya, haluskan atau blender belimbing wuluh dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Setelah itu, oleskan secara merata pada kulit yang terkena panu. Lakukan cara ini setelah badan dalam kondisi bersih secara rutin dalam setiap harinya. 

Menggunakan Jeruk Nipis 
Jeruk nipis merupakan bahan alami yang sering digunakan dalam hal kecantikan seperti menghilangkan jerawat, bekas jerawat, flek hitam dan lain-lain. Akan tetapi, jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk pengobatan. Cara penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan panu yaitu dengan cara potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu peras potongan jeruk nipis tersebut dan campurkan dengan belerang yang telah dihaluskan. Setelah itu aduk hingga merata, lalu oleskan secara merata pada kulit yang terserang panu.

Menggunakan Daun Pare 
Bahan yang anda perlukan adalah siapkan 10 lembar daun pare dan kapur sirih, lalu tumbuklah  daun pare dan kapur sirih tersebut hingga halus. Setelah itu, oleskan tumbukan tersebut pada bagian kulit yang terserang panu. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum anda tidur. 

Menggunakan Belerang 
Belerang mengandung mineral yang sangat ampuh untuk membunuh jamur penyebab panu pada kulit. Cara pengunaannya, gunakan belerang secukupnya lalu haluskan dengan perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada kulit yang terdapat panu. Lakukan cara ini secara rutin 2 sampai 3 kali dalam setiap harinya hingga panu menghilang secara perlahan. 

Demikianlah beberapa cara mudah menghilangkan panu dengan menggunakan beberapa bahan alami. Berikut hal-hal penting yang harus anda perhatikan untuk mencegah penyakit panu. 
  • Mandi secara teratur, 3 kali kali dalam setiap harinya
  • Gunakan pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun 
  • Jagalah kebersihan badan dan pakaian yang anda gunakan 
  • Jangan sering menggunakan pakaian secara bergantian dengan orang lain. 
Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel Cara Merawat Rambut Rontok secara Alami

Berlangganan untuk email update gratis: