Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan
Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan. Makanan berserat tinggi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membantu proses pencernaan. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk tetap selalu mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk memenuhi asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Mengingat pentingnya serat yang berfungsi sebagai perangsang aktivitas saluran usus dalam mengeluarkan kotoran (eksresi) yang ada dalam tubuh dan apabila tubuh anda dapat melakukan proses eksresi tersebut maka kotoran yang ada dalam tubuh anda tidak akan menjadi racun dalam tubuh yang tentunya akan menimbulkan berbagai penyakit. Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung serat tinggi untuk memenuhi kebutuhan dan kesehatan tubuh anda. 


Jenis Makanan Berserat Tinggi 

Kacang Merah 
Kacang merah merupakan salah satu makanan biji-bijian yang berserat tinggi, selain itu kacang merah juga mengandung kaya protein dan zat besi yang tentunya sangat baik sekali untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Cara mengkonsumsinya ada baiknya anda merebus kacang merah tersebut lalu konsumsilah sebagai cemilan anda sehari-hari.

Kacang Polong 
Selain kacang merah, kacang polong juga makanan berserat tinggi. Apabila anda mengkonsumsi satu cangkir dalam setiap harinya maka asupan serat pada tubuh anda untuk setiap harinya yaitu sekitar 16,3 gram serat. Dan setelah dimasak maka satu cangkir kacang polong mengandung sekitar 8,8 gram serat. Dengan perkiraan takaran serat yang terdapar pada kacang polong tersebut maka anda akan mempunyai pertimbangan mengenai cara mengkonsumsi kacang polong yang baik menurut anda. 

Buah Alpukat 
Alpukat juga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan serat paling tinggi, selain itu juga lemak jenuh yang merupakan salah satu kandungan lain dari alpukat tersebut dapat membantu anda untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet sehat, anda dapat mengkonsumsi alpukat. 

Buah kiwi 
Selain dijadikan sebagai bahan alami dalam kecantikan untuk membantu menghaluskan kulit anda, buah kiwi merupakan jenis buah-buahan yang mengandung serat paling tinggi diantara buah yang lainnya. Kandungan serat yang terdapat dalam kiwi adalah 3,0 gram/100 gram serat. 

Buah Mangga 
Buah yang memiliki serat tinggi selanjutnya yaitu mangga, mangga juga hampir memiliki serat tinggi yang setara dengan buah alpukat dan kiwi. Jadi baik bagi anda untuk mengkonsumsi buah mangga sebagai salah satu makanan berserat tinggi.

Buncis 
Kandungan dari jenis sayuran kacang-kacangan yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh anda. Diantaranya yaitu buncis kaya akan serat tinggi dan kandungan lain dari buncis adalah antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan mencegah resiko terkena penyakit kanker dan jantung. Jadi baik bagi anda untuk mengkonsumsi buncis dalam setiap harinya. 

Jagung 
Jagung merupakan jenis sayuran yang berserat tinggi dan terkenal akan karbohidratnya. Jagung dapat dikonsumsi sebagai pengganti karbohidrat dari nasi. Cara mengkonsumsinya anda dapat membuat jagung sebagai popcorn untuk camilan anda sehari-hari.

Oatmeal 
Kandungan serat yang terdapat dalam oatmeal juga cukup tinggi, sehingga dapat anda tambahkan dalam daftar makanan berserat tinggi untuk anda. Oatmeal mengandung Beta Glucan yang merupakan salah satu tipe khsuus serat yang memiliki efek untuk menurunkan kolesterol yang sangat kuat. Cocok bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan. 

Itulah beberapa jenis makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan anda. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel tentang hidup sehat mengenai Solusi Mudah Mengecilkan Perut Buncit.

Berlangganan untuk email update gratis: