Masakan Membantu Cerdaskan Otak Anak

Masakan Membantu Cerdaskan Otak Anak
Masakan Membantu Cerdaskan Otak Anak. Segala macam masakan yang masuk pada tubuh anak harusnya memiliki gizi yang terbaik untuk pertumbuhan yang baik pula. Jadi adalah tugas ibu menyiapkan segala macam asupan tersebut. Tidak hanya untuk pertumbuhan tubuh, tapi juga pertumbuhan otak agar anak memiliki kecerdasan yang baik untuk masa belajarnya. Kecerdasan yang baik haruslah meliputi kecerdasan inteltual dan kecerdasan emisonal. Berikut masakan yang membantu cerdaskan otak anak diantarnya.


Masakan Cerdaskan Anak

Gandum
Dalam gandum terdapat vitamin B yang berkhasiat melindungi sistem syaraf, yang memaksimalkan fungsi otak. Karena sejatinya otak juga perlu asupan glukosa dengan serat dari jenis biji-bijian seperti gandum. Serat inilah yang natinya akan membantu proses pelepasan glukosa yang kurang bermanfaat bagi tubuh.  

Telur
Merupakan sumber protein yang lengkap terdapat dari telur. Apalagi kuning telur yang memiliki kandungan kolin berkhasiat membantu perkembangan memori anak. Agar anak pada usia yang mulai menginjak usia remaja memorinya tetap terjaga dan bisa lebih mudah mengingat pelajaran. Usahakan masak telur harus sampai dalam keadaan yang matang, terutama bagian kuning telurnya, jangan sampai yang setengah matang, ini dikatakan kurang baik untuk tubuh, karena jika telur masih mentah ada kandung mikroba dan bakteri, jika telur dimasak dalam keadaan setengah matang dikhawatirkan mikroba dan bakteri belum terbunuh, sehingga bisa berdampak munculnya penyakit lain.   

Ikan Salmon
Sumber terbaik dalam menciptakan kecerdasan anak itu didapat dari makanan berbahan dasar ikan, terutama ikan salmon. Karena kandungan ikan salmon yakni asam lemak EPA dan DHA berguna untuk memaksimalkan fungsi otak. Apalagi adanya kandungan omega 3 dalam ikan salmon yang sudah terkenal dapat lebih meningkatkan sistem kerja otak dalam perkembangan mencerdaskan anak. 
Susu dan Yogurt. Susu adalah minum yang tidak hanya memiliki manfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang, tapi juga pertumbuhan otak. Karena susu kaya akan protein dan vitamin B yang menjadi nutrisi penting dalam tumbuh kembang sel otak. Begitu pun dengan yogurt, kandungan protein dan karbohidrat membuat yogurt mampu menjadi sumber energi bagi tubuh anak. Serta adanya vitamin D yang memiliki peran penting dalam sitem otot dan syaraf otak.

Kacangan-Kacangan
Jika anda ingin mempertahankan energi otak dalam aktifitas mengingat maka konsumsilah makanan berjenis kacang-kacangan, seperti selai kacang. Dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks dan omega 3 mampu menjaga perannya dalam pertumbuhan kecerdasan otak.

Jenis Buah
Segala jenis buah memiliki manfaatnya masing-masing untuk tubuh. Begitupun dengan kelompok buah-buahan jenis berry, seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan cerry yang bermanfaat untuk antioksidan bagi otak. Yang mana jika dikonsumsi akan memperkuat daya ingat. Selain itu, ada vitamin C yang terkandung dalam kelompok buah berry yang mampu mencegah radikal bebas penyebab kanker.

Sayuran yang Memiliki Warna
Yang dimaksud sayuran yang memiliki warna adalah sayuran yang bercaman-macam warna, seperti ada merah, orange, hijau dan ungu. Seperti ada wortel, tomat, ubu ungu, labu dan bayam. Jenis-jenis sayuran ini kaya akan nutrisi dan aktioksidan yang berkhasiat menyehatkan sel otak anak. Tapi terkadang anak usia batita sulit sekali disuruh dan diberi makan sayur. Jadi ibu harus lebih kreatif agar anak mau dan menyukai sayuran. Seperti ciptakan atau beli cemilan yang bahan dasarnya adalah sayur.

Oatmeal
Sumber vitamin E, vitamin B, seng dan kalium membantu proses pembentukan otak agar berjalan optimal. Semua nutrisi ini terkandung dalam oatmeal yang tidak hanya dapat menyehatkan tubuh anak tapi juga menjaga kecerdasan anak. Sehingga mampu menyediakan energi untuk otak tetap cerdas sampai usia besar.  

Inilah masakan membantu cerdaskan otak anak. Untuk hasil yang bisa bertahan lebih lama usahakan konsumsi masakan dari makanan yang sudah disebutkan diatas bisa dikonsumsi setiap hari sejak anak masih usia dini. Karena diusia dini makanan yang dimakan haruslah yang benar-benar memiliki nutrisi yang tinggi bagi tubuh khususnya bagi otak, sehingga perkembangannya akan lebih baik saat anak sudah mulai besar. Baca juga Cara memutihkan gigi.

Berlangganan untuk email update gratis: