Manfaat dari Madu untuk Kesehatan

Manfaat dari Madu untuk Kesehatan
Manfaat dari Madu untuk Kesehatan. Cairan yang dihasilakn oleh binatang lebah ini memang sudah dipercaya memiliki beribu manfaat untuk tubuh. Baik bagi kesehatan tubuh, maupun kecantikan wajah. Cairan ini dikenal dengan sebutan madu, yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang kental dan berwarna hitam.

Namun yang menjadi keresahan saat ini banyak bermunculan dari para okum pembuat madu yang menjadikan  madu yang dibuat dari pemanis buatan sehingga membuat khasiatnya berkurang. Dimana pemanis buatan akan memicu penyakit diabetes pada tubuh jika dikonsumsi secara berturut-turut.  Maka untuk bisa membedakan mana yang asli dan yang palsu bisa dilihat dari warnanya, jika ada madu dengan warna terang ini patut dicurigai, karena sejatinya madu alami memang berwarna coklat gelap. Sehingga dari kealamiannya itu akan memberikan manfaat bagi tubuh sebagai berikut.


Manfaat Madu

Kesehatan Kulit
Karena sifatnya yang kental dan lembut ini memberikan manfaat kelembapan yang dirasakan pada kulit. Kemudian ada kandungan zat aktif seperti asam amino yang mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh masalah kulit, seperti luka dan berjerawat. Dan ada juga kandungan asam glukonat dan asam organik yang mampu memberikan sel kulit mati proses pengelupasan dengan cepat, sehingga terjadi proses regenerasi pada kulit. 

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Metabolisme adalah proses dimana makanan dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Dengan begitu meminum manfaat madu bisa membantu proses metabolisme dan membatu proses pembakaran lemak. Sehingga ini cocok untuk menjaga dan menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tubuh butuh energi dalam beraktifitas, sehingga perlu adanya asupan makanan bergizi yang diperlukan tubuh. Adanya kandungan antioksidan yang bernama pinocembrin yang hanya terdapat pada madu yang bisa menjadi pelindung tubuh dari serangan radikal bebas. Apalagi saat cuaca dalam kondisi pancaroba, terkadang tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit baik itu batuk atau flu. Dengan mengonsumsi madu saat penyakit menyerang, maka ini akan menjadi obat yang paling mujarab membantu flu dan batuk menghilang. Dan jika dikonsumsi setiap hari maka akan mencegah terjangkitnya penyakit. Lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan.

Baik untuk Pencernaan
Adanya asupan makan yang tidak bergizi seperti makan sembarangan asal enak dan asal perut kenyang adalah kebiasaan yang buruk, jika itu terjadi maka akan mengakibatkan pencernaan anda terganggu, susah buang air besar atau sembelit adalah kondisi yang tidak nyaman bagi perut.  Dengan mengonsumsi madu dicampur air hangat yang mana terkandung enzim yang bisa mengurangi gangguan pencernaan tersebut. 

Baik Bagi Pernafasan
Dalam madu ada zat yang aktif mengurangi secara efektif penyakit pernafasan seperti bronkitis, asma, sinusitis dan lain lain. Hal tersebut juga dikatakan dalam penelitian di Bulgaria yang menyatakan madu bisa membantu mendorong dan mengurangi flek dari gejala penyakit pernafasan.

Merangsang Pertumbuhan Jaringan
Dalam madu juga dikenal dengan kandungan propolis yang alami yang mampu membentuk pertumbuhan jaringan kulit. Misalnya pada kulit bekas luka yang membuat permukaan kulit menjadi tidak rata, untuk mengembalikan pemukaan kulit ini diperlukan adanya bahan seperti propolis yang dapat meratakan permukaan kulit bila dioleskan secara teratur. Selain propolis ada juga kandungan enzim, serbuk sari, vitamin dan mineral yang fungsinya sama seperti propolis. 

Selain manfaat dari madu untuk kesehatan yang sudah dipaparkan diatas memang masih banyak lagi manfaat lainnya dari madu. Yang jelas pemanis alami ini sangat baik untuk tubuh yang mana dapat mengontrol glukosa yang mengakibatkan penimbunan lemak. Sebaiknya mulai sekarang ganti pemanis yang biasanya berasal dari gula tebu menjadi pemanis yang berasal dari madu.  Baca juga Makanan untuk merawat rambut sehat.

Berlangganan untuk email update gratis: