Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan
Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan. Kesehatan tubuh menjadi salah satu faktor yang utama yang paling didambakan oleh seluruh manusia. Karena sejatinya sehat itu berarti tidak ada masalah yang dapat mengganggu segala aktifitas. Ada banyak cara yang orang lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Seperti misalnya berolahraga, istirahat yang cukup, makan makanan yang memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, begitu pula dengan manfaat mendengarkan musik.

Bagaimana cara musik bisa bekerja untuk menyehatkan tubuh. Simple saja saat seseorang mendengarkan musik yang anda sukai misalnya dari genre pop, jazz, atau melayu pastinya ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi tubuh anda khususnya pikiran dalam melepaskan penat dari aktifitas. Pelepasan penat ini menghantarkan anda pada situasi suasana hati yang baik yang mampu menghindarkan anda dari gangguan stres. Ada penelitian yang dilakukan dari Kanada bahwasannya musik dan tubuh memiliki hubungan yang merangsang otak bekerja lebih baik. Dari paparan singkat mengenai manfaat mendengarkan musik yang baik untuk kesehatan, maka akan dipaparkan lebih lanjutnya sebagai berikut.   


Manfaat Mendengarkan Musik

Melepas Stress
Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas bahwasannya musik bisa memberikan pikiran kita terlepas dari kepenatan yang membuatnya stres. Musik bisa menjadi penyemangat yang bagus untuk memulai bekerja dan menghindari stres. 

Mengatur Ritme Olahraga
Coba dengarkan musik dengan genre musik rock atau dengan lantunan musik dengan beat yang ceria. Ini akan memberikan semangat berolahraga khususnya berlari agar bisa lebih maksimal. Jika musik dengan tempo yang ceria bisa memberikan ritme yang cepat untuk berlalri, dan jika lantunan atau tempo yang diputar musik sedikit melow bisa mengurangi kecepatan berlari. Karena berlari juga tidak selamanya harus cepat, ada waktu dimana intensitas berlari diperlambat. Ini berguna untuk mengontrol cara kerja jantung yang lebih efektif.

Meningkatkan Mood
Jika anda sedang mengalami stres putarkan musik dengan lagu-lagu yang ceria bisa meningkatkan mood anda. Misalnya saja saat anda sedang galau untuk meningkatkan mood yang kembali bersemangat, maka dianjurkan menengarkan lagu yang ceria, maka seketika mood anda akan berubah ke suasana yang kembali ceria.

Menjadi Lebih Fokus
Sudah disebutkan bahwa musik bisa membantu sistem kerja otak agar lebih fokus. Misalnya saat melakukan pekerjaan atau tugas sekolah yang harus segera terselesaikan, tapi dalam pekerjaannya selalu ada hambatan seperti gangguan dari orang yang mengajak bercanda, atau gangguan kantuk yang bisa didera karena kelelahan. Tapi dengan mendengarkan musik maka anda akan konsentrasi dengan pekerjaan anda sampai selesai tanpa diganggu dengan hambatan teman atau rasa ngantuk. 

Mengurangi Tekanan Darah
Ada yang mengatakan bagi seseorang yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi ada cara yang lebih mudah untuk menurunkan tekanan darah yakni dengan mendengarkan musik dengan jenis alunan musik yang lembut. Ini disinyalir bisa memberikan kenyamanan bagi penderitanya. Sampai sampai mendengarkan musik bisa dijadikan terapi bagi pasien di sebuah rumah sakit di Amerika. Tidak hanya mampu membantu menurunkan tekanan darah, terapi ini juga disinyalir mampu menekan resiko jantung berdebar, dan kecemasan dari pasien. Dengan begitu pasien yang menggunakan terapi mendengarkan musik dengan alunan musik lembut yang dihasilkan dari genre musik klasik bisa membantu proses penyembuhan pasien lebih cepat. 

Demikian manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan. Sebenarnya untuk genre musik dianjurkan mendengarkan musik dengan tempo yang lembut ketimbang tempo yang keras, karena jika terlalu keras akan berakibat gangguan telinga. Intinya tetap menghindari penyebab-penyebab stres yang anda alami, jangan sampai stres yang terjadi semakin parah. Lakukan apa saja yang dapat meredakan stres anda. Karena jika seseorang sudah mengalami stres akan menggangu aktifitas dan juga kesehatan tubuh khususnya pikiran.  Baca juga Cara menghilangkan stres.

Berlangganan untuk email update gratis: