Tips Memasak Mie Instan Dengan Benar

Tips Memasak Mie Instan Dengan Benar
Tips Memasak Mie Instan Dengan Benar. Orang Indonesia pasti semuanya sudah merasakan kelezatan dari mie instan.. jenis makanan siap saji ini menjadi favorit selain dari rasanya yang enak dengan berbagai varian, tapi juga sangat praktis untuk dibuat sendiri di rumah. Karena namanya cepat saji berarti tidak selamanya baik untuk tubuh. 

Apalagi jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah besar. Ini merujuk pada penelitian dimana asa senyawa lilin dari kandungan mie instan. Makanya jenis makanan ini bisa awet hingga satu tahun. Karena kandungan zat lilin ini katanya membuat pencernaan anda menjadi terhambat, jika dikonsumsi setiap hari maka mie instan akan menumpuk di usus yang kemudian menyebabkan gangguan. 


Tips Memasak Mie Instan

Namun kali ini anda tidak perlu khawatir, karena ada cara yang bisa mebuat zat lilin dalam mie sedikitnya bisa berkurang. Yakni dengan cara memasak mie yang benar. Bagaimana caranya, pertama rebus air mie di 2 panci yang berbeda. Masukkan mie instan sampai setengah melunak kemudian tiriskan. Biasanya air rebusan pertama akan terlihat lebih pekat berwarna kuning. Itu artinya zat lilin dalam mie telah luntur saat dimasak. Kemudian masukan mie instan kembali dalam rebusan air di panci yang kedua. Akan terlihat air mie yang mulai memudar warna kuningnya, ini menandakan kadar zat lilin berkurang. Tunggu sampai lunak dan matang.

Kedua rebus kembali air dalam api sedang. Fungsi air ini bisa digunakan bagi mie yang jenisnya disebut mie rebus. Tiris mie instan jika sudah matang. Setelah mendidih siram diatas mie. Untuk memebrikan rasa tidak lupa bubuhi penyedap rasa yang biasanya sudah tersedia di kemasan mie instan. Agar lebih sehat kurangi bumbu penyedap tersebut, khasiatnya untuk mengurangi MSG yang ada pada bumbu tersebut. Karena disinyalir bumbu penyedap dari MSG dengan kadar yang berasa diambang batas aman bisa menjadi faktor utama mie instan menjadi berbahaya bagi tubuh. Cukup pakai setengah saja, jika kurang berasa bisa buat bumbu sendiri dengan bahan alami, seperti bawang putih dihaluskan bersama garam, kecap dan saos. 

Kebiasaan buruk masyarakat Indonesia kalau belum makan nasi tidak akan kenyang, yang kemudian saat makan mie instan pun sambil makan nasi. Padahal ini adalah kebiasaan yang patut dihilangkan, karena jika mie bertemu dengan nasi akan menjadikan tubuh anda kelebihan kadar gula. Dimana mie memiliki kandungan kalori dan karbohidrat tinggi dan nasi pun sama. Ini yang akan memicu terserangnya penyakit seperti diabetes. 

Untuk menghindarinya bisa dicari alternatif lain akan asupan gizi dalam tubuh seimbang meski makan makanan instan. Yakni dengan melengkapi mie instan bersama sayuran, seperti sawi dan kol yang akan memberikan vitamin pada tubuh. Atau bisa juga tambahkan telor dan daging yang memberikan anda kandungan protein yang baik. Sehingga meski mie yang anda konsumsi berjenis junk food dan instan, tapi jika imbangi dengan asupan gizi yang seimbang, maka tubuh anda juga akan tetap sehat.

Agar tubuh sehat tetap saja kurangi makan mie instan untuk tubuh yang lebih sehat. Minimal mie dikonsumsi 1 minggu sekali atau bisa juga 1 bulan sekali. Karena perlu diingat mie instan bukanlah makanan pokok yang wajib kita konsumsi. Masih ada bahan pokok lainnya yang lebih bermanfaat saat kita konsumsi setiap hari. Dan hindari juga makan mie beberapa jam sebelum tidur, ini akan membuat proses pencernaan dalam tubuh yang seharusnya istirahat saat anda tidur, tapi karena makan mie membuat proses pencernaan tidak istirahat dan bekerja lebih keras. Dengan adanya tips memasak mie instan dengan benar di atas anda dapat lebih paham. Lakukan pantangan-pantangan dalam memakan mie agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat.  Baca juga Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh.

Berlangganan untuk email update gratis: