Tips Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih

Tips Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih
Tips Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih. Fungsi rumah adalah sebagai pelindung bagi pemiliknya. Melindungi dari cuaca panas pada musim kemarau dan cuaca dingin di kala hujan. Rumah juga menjadi tempat istirahat yang pas dan nyaman untuk pulang di kala setelah melakukan aktifitas, seperti bekerja dan sekolah. Dari fungsinya itu rumah yang kita miliki tidaklah harus memiliki ukuran yang besar dan mewah tapi yang terpenting adalah kebersihan dan kesehatannya.

Jika rumah yang kita miliki sudah memiliki standar yang sehat dan bersih maka otomatis akan memberikan efek positif pada tubuh. Yang mana tubuh menjadi sehat terhindar dari segala macam penyakit. oleh karena itu, harus adanya aktifitas membersihkan rumah secara rutin, agar penyakit dari kuman dan bakteri yang ada di rumah tidak berkembang menjadi lebih banyak dan kemudian menempel di tubuh kita. Bukannya memiliki fungsi yang nyaman bagi tubuh malah akan menjadi sarang dari penyakit. Sehingga bagaimana membuat rumah anda sehat dan bersih, mari simak tips berikut ini. 


Merawat Rumah agar Bersih

Rutin Membersihkan Rumah
Biasanya karena kesibukan sekolah dan bekerja, merawat rumah menjadi tidak terurus. Padahal sebaiknya membersihkan rumah khususnya tempat tidur harus dilakukan setiap hari. Karena ini juga bisa menunjang anda terhindar dari stres, sebab bayangkan saja jika kita pulang sekolah atau kerja karena capek dan kelelahan kemudian masuk rumah ingin istirahat, tapi karena berantakan jadi harus membersihkannya terlebih dahulu. Belum lagi saat kerja sudah disibukkan dengan pekerjaan kantor pulang harus juga disibukkan dengan pekerjaan rumah, ini yang bisa memicu stres. 

Susun dan Jauhkan Barang-Barang yang Tidak Terpakai
Daripada menumpuk semua barang di kamar akan membuat sempit juga ruangan anda. Maka sebaiknya pilih barang-barang yang sudah tidak terpakai ke dalam gudang. Sehingga inilah fungsi space ruangan kosong dalam rumah yang bisa menampung barang-barang tidak terpakai anda. Kalau perlu dijual saja ke pasar yang menerima barang-barang bekas agar lebih manfaat bagi orang lain.

Perhatikan Kebersihan Kamar Mandi
Kamar mandi adalah sarang kuman yang menyebabkan penyakit, jadi minimal 1 minggu sekali bersihkan bak mandi anda. Kemudian sikat dinding-dinding kamar mandi seluruhnya, dan tidak lupa closet tempat anda buang air besar dan kecil juga harus dibersihkan menggunakan antiseptik untuk kuman. Agar kuman dan bekas sabun yang menempel di dinding kamar mandi hilang dan kita terhindar dari penyakit.

Rutin Membersihkan Lemari Es
Lemari es juga tidak luput dari kuman, karena fungsinya menaruh jenis makanan mentah, seperti ikan dan daging. Maka sangat mudah terjangkit kuman, daripada semakin menumpuk maka selalu rutin minimal 2 kali seminggu untuk dibersihkan. Karena lemari es ada di dapur, maka sebaiknya dapur juga ikut dibersihkan.

Rawat Tanaman Hias
Dapat dikatakan tanaman hias bisa menghisap kuman dan bakteri di dalam rumah. Sehingga perlu adanya tanaman hias di rumah anda. Ditambah lagi adanya tamanan hias bisa mengontrol udara di dalam dan luar ruangan, agar tetap sehat. Tidak hanya sebagai penyerap kuman dan bakteri tanaman hias juga mampu membuat rumah anda menjadi asri dan indah. Bisa memberikan kesan nyaman bagi pemiliknya.

Nah sekian tips merawat rumah agar tetap sehat dan bersih. Kebersihan tidak hanya dilakukan pada kebersihan luar dan yang terlihat oleh mata. Tapi sebaiknya proses membersikan ruangan harus sampai pada bagian yang juga tidak terlihat oleh mata seperti kolong ranjang dan juga lemari. Karena biasanya penyakit muncul dari hal yang tidak terlihat. Binatang kutu dan kecoa juga sering ditempat yang gelap seperti kolong ranjang. Jadi jika membersihkan dan merawat rumah agar sehat harus lakukan secara menyeluruh.  Baca juga Manfaat madu bagi kesehatan.

Berlangganan untuk email update gratis: