Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Batuk dengan Alami

Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Batuk dengan Alami
Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Batuk dengan Alami. Salah satu masalah mulut yang mungkin sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari yaitu sakit tenggorokan dan batuk. Sakit tenggorokan biasanya dialami oleh orang yang sedang mengalami panas dalam, dan biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyebar pada makanan atau makanan yang kita makan. Bagi anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan yang disertai dengan batuk-batuk pasti sangat mengganggu beberapa aktivitas anda seperti menjadi sulit untuk berbicara, sulit makan, apalagi untuk menelan makanan. 

Bagi anda yang ingin mencoba beberapa cara herbal, berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan dan batuk secara alami yang tentunya dengan menggunakan bahan alami yang memberikan manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan obat-obatan kimia serta tidak menimbulkan efek samping. 

Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Batuk

Madu dan Lemon
Madu memiliki kemampuaan anti bacterial yang membantu proses pengobatan dan lemon bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan. Cara mengkonsumsinya, sediakan madu yang telah dicampurkan dengan perasan lemon secukupnya lalu seduh dengan air hangat dan aduk hingga merata. Setelah itu, minum secara hangat-hangat. Kombinasi antara madu dan lemon sangat bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk anda. Konsumsi obat herbal ini 2 sampai 3 kali dalam sehari secara rutin. 

Teh Jahe 
Khasiat jahe untuk menghangatkan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu teh jahe juga bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan, karena kandungan Zingiberin yang terdapat pada jahe membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh manusia dan meningkatkan sirkulsi darah. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, campurkan beberapa iris jahe yang telah dipotong menjadi beberapa bagian pada teh hangat yang telah diseduh. Lalu minumlah teh jahe hangat tersebut 2 sampai 3 kali setiap harinya hingga sakit tenggorokan dan batuk anda hilang secara perlahan. 

Buah Belimbing 
Buah belimbing memiliki khasiat anti radang yang dapat membantu untuk mengobati sakit tenggorokan. Cara mengkonsumsinya anda dapat membuat jus belimbing tanpa dicampurkan dengan gula atau bahan tambahan apapun. Minumlah jus belimbing tersebut secara rutin dalam setiap harinya. 

Buah Mengkudu 
Mungkin banyak bagi anda yang tidak menyukai buah mengkudu ini karena rasa dan aroma nya yang memang dapat dibilang kurang sedap. Akan tetapi, buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan secara cepat dan alami. Cara mengkonsumsinya, sediakan beberapa buah mengkudu lalu blender dengan menggunakan air hangat. Setelah itu minumlah jus mengkudu tersebut selagi masih hangat. Konsumsi obat herbal ini 3 kali dalam sehari. 

Bawang Putih 
Bawang putih juga merupakan salah satu bahan alami yang berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan yang disertai dengan batuk, karena bawang putih mengandung senyawa yang bernama Allicin, yang merupakan zat pembunuh bakteri dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya, anda dapat memakan bawang putih secara langsung yang telah dibersihkan terlebih dahulu dan diamkan dalam tenggorokan selama beberapa menit lalu kumur dengan air hangat. Selain itu, anda juga dapat minum jus bawang putih yang telah dicampurkan dengan teh jahe, madu dan lemon untuk menambah perasa alami pada jus tersebut. Konsumsi obat herbal ini 3 kali dalam sehari. 

Minum dengan Air Garam 
Berkumur dengan menggunakan air garam, selain untuk mengobati sakit gigi ternyata juga berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Karena garam berfungsi sebagai antiseptic yang dapat membersihkan lendir dan menghilangkan rasa sakit di tenggorokan. Caranya, sediakan garam secukupnya yang telah di seduh dengan air hangat. Setelah itu berkumur atau minumlah air garam tersebut. Lakukan 3 kali dalam sehari secara rutin. 

Nah demikianlah penjelasan mengenai bahan-bahan alami apa saja yang dapat berkhasiat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan batuk secara alami. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Baca juga artikel Sebelum Memasang Behel Baca ini Dulu.

Berlangganan untuk email update gratis: