Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan
Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan. Pernah merasakan nyeri pada pinggang, ini adalah akibat anda terlalu sering duduk dalam jangka waktu yang lama. Biasanya ini terjadi pada seseorang yang bekerja di ruangan, tapi tidak menutup kemungkinan juga para siswa yang masih muda terserang penyakit ini. 

Karena terlalu lama duduk belajar dan bekerja selain memberikan rasa pinggang yang sakit ternyata organ penting lainnya dalam tubuh juga bisa bermasalah. Apa saja bahaya penyakit tersebut, mari kita simak. 


Bahaya Duduk Terlalu Lama

Nyeri Pada Pinggang
Duduk terlalu lama penyebabkan pinggang menjadi nyeri, ini disebabkan otot di pinggang mengalami penekanan dan kaku. Dan karena sudah terlanjur kaku duduk terlalu lama ini saat berdiri pinggang menjadi sakit. 

Resiko Diabetes
Jika anda terlalu banyak memakan kandungan makanan yang bersifat manis dari gula maka agar anda tetap sehat selalu rutin bergerak untuk meningkatkan kerja insulin yang akan mengubah gula menjadi energi. Namun jika kenyatannya anda lebih banyak melakukan aktifitas duduk terlalu lama, maka ini meningkatkan resiko diabetes. Meski anda telah mengurangi kadar gula terhadap asupan yang masuk ke dalam tubuh tapi jika tidak dimbangi dengan bergerak lebih sering maka kerja insulin dalam tubuh akan berkurang yang megakibatkan diabetes yang bersarang lama di tubuh anda. 

Penyakit Jantung
Penyebab dari penyakit jantung adalah metabolisme dalam tubuh yang tidak sesuai, seperti jalan kerja insulin dan darah menjadi lambat. Kemudian lemak menutup organ penting di tubuh dan menyumbat di pembuluh darah yang akhirnya cara kerja jantung pun terhambat. Cara mengatasinya tetap bergerak rutin seperti olahraga, dan hindari duduk terlalu lama. Usahakan setiap 1 jam berselang lakukan berbagai gerakan untuk menghasilkan kinerja metabolisme yang lebih lancar dan maksimal. 

Komplikasi Pencernaan
Aktifitas duduk dimana membuat perut menjadi tertekan yang membuat tidak bisa bekerja maksimal. Ini bisa membuat perut anda menjadi kram yang mana perut seperti tertarik, kembung, dan susah buang air besar atau sembelit. Dan jika sudah sembelit akan membuat perut begah dan terjadi penumpukan lemak pada perut dan muncul juga buncit yang akan menggangu kesehatan dan penampilan. 

Gangguan Postur Tubuh
Karena biasanya saat duduk seseorang tidak memperhatikan cara duduk yang benar, maka akan membuat tubuh dan tulang anda mengalami pergeseran tulang. Sebelum adanya penyakit yang ditimbulkan menjadi semakin parah cepat lakukan pengobatan dan pergi ke dokter. Gejala yang biasa dirasakan adalah nyeri pada leher yang mana leher manfaatnya sebagai pangkal penopang tulang punggung, jika pangkalnya saja terganggu bagaimana dengan tulang punggungnya, sudah pasti akan bermasalah juga. 

Pembekuan Darah
Kurangnya bergerak saat duduk membuat peredaran tidak menjadi lancar. Ada pembuluh darah di kaki yag tidak berfungsi dengan baik, yang sering membuat kaki menjadi sering kesemutan, atau juga bisa timbulnya varises pada kaki. Hingga pada titik terparah darah menjadi beku yag efek sampingnya mengacu pada resiko penyakit jantung.

Mati Muda
Ini adalah kabar buruk bagi seseorang yang telah mengalami aktifitas duduk terlalu lama, karena adanya berbagai komplikasi dari segala penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang parah sekali pun jangan sampai disepelekan, bahayanya jika komplikasi penyakit ini hinggap di tubuh terlalu lama dan datang disaat yang bersamaan akan memberikan dampak pada kematian yang juga tidak bisa memandang usia. 

Berbagai macam bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan. Jika anda sudah merasa nyeri di bagian bokong sebaiknya lakukan kegiatan yang mengharuskan anda untuk berdiri, seperti berjalan, makan, bergurau dengan karyawan lain, atau melakukan olahraga ringan yang memberikan manfaat peregagan pada otot. Kemudian perbanyak minum air putih karena khasiat minum air putih tidak hanya penghilang dahaga tapi juga memberikan manfaat dalam menghilangkan racun yang keluar melalui kencing dan keringat, sehingga membuat tubuh menjadi sehat. Baca juga Tips memasak mie instan dengan benar.

Berlangganan untuk email update gratis: