Dampak Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas

Dampak Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas
Dampak Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas. Sambal menjadi sebuah makanan pelengkap yang dihadirkan dalam menu untuk penambah nafsu makan. Apalagi bagi masyarakat Indonesia, jika tdak ada sambal makannya tidak akan begitu selera. Penikmat sambal memang banyak, meski yang dirasa hanyalah pedas, tapi katanya seru jika makan pakai sambal. 

Sambal yang memiliki rasa enak dan pedas yang menjadi favorit menu makanan, ternyata memiliki dampak dan bahaya bagi tubuh. Ditambah lagi jika sambal tersebut memiliki level tingkat kepedasan yang jauh dari ambang batas. Ini sudah pasti menimbulkan gangguan-gangguan pada tubuh yang secara tidak sadar akan berdampak permanen yang tidak menutup kemungkinan penyakit yang ditimbulkan bisa kronis. Lalu apa saja gangguan dampak berbahaya dari makan sambal dengan tingkat kepedasan yang tinggi, berikut diantaranya.


Dampak Makan Pedas

Perut akan Menjadi Sakit
Karena asam lambung naik, apalagi bagi anda yang memiliki riwayat sakit maag. Meski rasanya bisa menggugah selera makan, tapi jika dikonsumsi dengan jumlah yang besar akan berdampak pada berkurangnya lapisan lambung yang dapat dengan mudah menyebang tubuh karena asam lambungnya naik. Jika terus menerus lapisan dinding lambung terkikis ini akan sangat berbahaya dan menimbulkan maag yang kronis.

Diare
Efek samping yang paling cepat didapatkan saat anda memakan terlalu banyak cabagi adalah diare. Intensitas anda membuang kotoran tidak pada batas yang normal, karena cabai telah menyebabkan iritasi pada lambung anda. Jika biarkan anda tidak hanya mengalami diare tapi juga dehidrasi karena cairan dalam tubuh terkuras keluar. Jadi sebagai pengobatan perbanyaklah minum air putih untuk mengurangi dehidrasi dan minum obat yang dapat menghentikan diare.

Menyebabkan Insomnia
Karena pada saat setelah kita mengonsumsi cabai yang menghasilkan rasa pedas suhu tubuh akan naik dan menyebabkan panas, sehingga menyulitkan anda untuk tidur lebih cepat. Jadi pencegahannya usahakan tidak makan pedas sebelum anda tidur. 

Menurunnya Indera Pengecap
Terlalu sering dan banyaknya rasa pedas yang anda makan biasanya lidah akan mulai terbiasa. Tapi itu jangan dianggap remeh karena gejala tersebut membuat lidah anda menurunkan fungsinya sebagai indera pengecap. Efek samping yang langsung terjadi setelah makan makanan yang terlalu pedas, biasanya bibir akan menonjol dan lidah akan kebal atau tidak bisa merasakan rasa yang ada dimulut. Jika kondisi ini dibiarkan dan diperparah, yang mana anda tidak mengurangi kadar pedas yang anda makan bisa mengakibatkan lidah anda mati rasa secara permanen. 

Gangguan Kesehatan Kulit
Meningkatnya kadar lemak di kulit khususnya wajah menjadi efek samping setelah anda makan terlalu pedas. Jika kulit wajah berminyak akan lebih banyak memproduksi kotoran. Dimana kotoran dari debu dan bakteri akan lebih mudah menempel pada kulit yang berminyak. Dari kotoran debu dan bakteri tersebut timbullah jerawat yang memerlukan waktu lama untuk menghilangkannya. Dan bisa merujuk pada kurangnya kepercayaan diri. Apalagi bagi kulit anda yang sensitif, coba mulai dari sekarang kurangi kadar jumlah pedas dari sambal yang anda makan. 

Kini anda menjadi tahu dampak bahaya terlalu banyak makan pedas. Jika anda pecinta pedas, maka anda harus hentikan kebiasaan makan pedas ini, sebelum akhirnya akan menyebabkan sakit perut yang terlalu parah, seperti kanker usus yang dialami tubuh. Belum lagi biji cabai yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan menempel dan menumpuk di dinding usus yang menyebabkan ginjal. Kurangi kadar dan jumlah cabai yang dimakan sebagai solusi pencegahan yang terbaik.  Baca juga Cara menurunkan berat badan.

Berlangganan untuk email update gratis: