Makanan Serat Tinggi untuk Menjaga Kesehatan

Makanan Serat Tinggi untuk Menjaga Kesehatan
Makanan Serat Tinggi untuk Menjaga Kesehatan. Serat adalah salah satu kandungan zat bergizi yang dibutuhkan untuk tubuh. Fungsinya membantu proses pencernaan agar menjadi semakin lancar. Karena ibarat kali jika sampahnya tidak digkut keluar akan menghambat laju air yang mengalir di kali atau sungai tersebut. Alat yang biasanya digunakan adalah mobil tangki pengeruk sampah. Begitu pula dengan tubuh jika anda tidak mengonsumsi serat makan kotoran yang tidak bermanfaat bagi tubuh akan menghambat dan menumpuk yang menimbulkan racun bagi tubuh.

Maka dari itu memakan serat dengan kadar yang tinggi mampu menjaga dan melindungi kesehatan kita dari racun sampah makanan dalam perut kita. Agar pencernaan lancar maka dibutuhkan makana yang mengandung serat tinggi , diantaranya. 


Makanan Menjaga Kesehatan

Kacang Polong
Ada skitar 8 sampai 13 gram serat yang terkandung dalam kacang polong. Kacang polong pengolahannya bisa dimakan langsung dengan cara direbus atau dibuat jus kacang polong mengisi nutrisi vitamin dan serat

Jagung
Selain kandungan karbohidrat dalam jagung yang berfungsi sebagai pengganti nasi putih, ternyata jagung juga memiliki serat. Meski tidak banyak dari bahan jenis lainnya tapi jagung mampu membantu program diet wanita yang anti memakan nasi. 

Buah Alpukat
Serat dari buah alpukat mampu mengontrol berat badan anda, karena alpukat kaya akan serat vitamin dan asam lemak. Tidak hanya itu serat dari jenis serat yang larut air ini juga mengurangi kadar kolesterol, dan mencegak resiko terkena penyakit jantung.

Buncis
Manfaat buncis juga sama dengan bahan lainnya ada serat yang larut air yang mampu membantu organ pencernaan sehingga kotoran mudah dikeluarkan.  Tamanan ini yang biasa dimasak sebagai sayur untuk melengkapi nutrisi makan bergizi anda. Tapi tidak juga tubuh kita hanya perlu serat ada kandungan lain yang mampu mengakifkan sistem energi dalam tubuh.

Kacang Merah
Serat dalam tanaman kacang merah juga mampu melarutkan sisa makanan dan menyerap lemak yang menumpuk di tubuh anda. selain kandungan serat ada juga kalori dan protein penyeimbang asupan makan anda. Sehingga kacang merah sangat cocok bagi wanita yang sedang melakukan proses diet.  

Kiwi
Buah kiwi adalah buah yang paling banyak mengandung serat yng bermanfaat untuk tubuh. Sehingga saluran pencernaan anda tidak akan bermasalah lagi. Jadi jika sewaktu waktu anda mengalami sembelit bisa dicoba mengonsumsi buah kiwi untuk proses penyembuhan sembelit dengan cepat.

Pepaya
Buah pepaya memang dikenal mampu mengatasi masalah sembelit. Karena terdapat kandungan enzim papain yang mampu menghancurkan makanan yang sulit dihancurkan oleh usus dari proses pencernaan yang tidak sempurna. 

Apel
Kandung serat dalam apel bisa mecapai 4,4 gram serat, jenis seratnya pun adalah jenis serat yang larut dalam air artinya. Serat jeis ini tidak hanya mampu mendorong kotoran pada sistem pencernaan tapi juga mengikat lemak yang kemudian cepat dikeluarkan oleh tubuh. Kandungan serat apel tidak hanya terletak pada dagingnya saja tapi kulitnya juga, sehingga dianjurkan memakan apel tanpa mengupas kulitnya. Jika takut adanya pestisida di kulit apel tingga bersihkan saja dengan cairan antipestisida.

Dari jenis makanan diatas ini adalah bahan alami yang juga mudah untuk didapat di pasar manapun. 8 bahan makanan ini disinyalir memiliki kandung serat berlebih yang mampu membantu proses pencernaan. Sehingga diharapkan bisa menjauhkan cara kerja usus yang terlalu berat dan berakibat kanker pada usus. Semoga pada artikel terkait makanan serat tinggi untuk menjaga kesehatan bisa bermanfaat bagi pembaca. Dan tetap terapkan pola hidup yang sehat untuk tubuh anda. Baca juga Dampak bahaya makan pedas.

Berlangganan untuk email update gratis: